Selasa, 28 Juni 2016

PENGALAMAN UTMI 2016



Hai akhirnya saya kembali lagi membawa pengalaman-pengalaman berharga untuk para adik-adik sekalian di sini. Saya alumni dari SMAN 1Cikarang Pusat yang berlokasi di cikarang baru, Jababeka. Wah kehidupan di SMA itu ga bakal kerasa lama loh, serius deh. Saya yang baru beberapa bulan lulus juga udah pengen ngerasain lagi bangku SMA. Tapi yaa, terbentur umur :p saya mau ga mau meneruskan ke jenjang selanjutnya yang lebih tinggi.

Berhubung saya di seleksi rapor GAGAL SEMUA. Maklum lah saya masih belum bisa tenang di liburan kali ini. SNMPTN saya ga diterima, SPAN – PTKIN pula ga diterima (Cuma ikut di 2 seleksi sih sebenernya hehe). Akhirnya saya pun kebut di seleksi – seleksi tulis PTN yang ada dimana-mana. SBMPTN sebetulnya saya ikuti, namun karena saya penasaran dengan UTMI (Ujian Talenta Mandiri IPB)  saya pun siap untuk bertempur di medan perang yang bahkan orang-orang tidak tahu seperti apa model soal yang keluar, Karena IPB memang menjaga kerahasiaan soal mereka. Walaupun kalian sampe cari – cari soal UTMI tahun tahun sebelumnya, tetap aja ga bakalan deh ketemu soal UTMI yang kalian cari itu. Karena memang ya setelah test itu seluruh soal dikembalikan ke pengawas, bahkan sampai dibubuhi tanda tangan oleh kalian sendiri di lembar soalnya (wah bener-bener rahasia ya).

Lanjut lagi saya cerita ke bagian penjelasan tentang UTMI sendiri. Test UTMI (dari namanya juga sudah “Ujian Talenta”) disitu benar-benar talenta kalian di uji disana. Testnya sendiri terbagi ke dalam 3 Bagian.

1) Yang Pertama Test Kemampuan IPA yang terdiri dari Matematika, Biology, Kimia, Fisika. Tingkat kesulitannya? Menurut saya sih ga se sulit SBMPTN SAINTEK, Tapi masih diatas standar UN. Menurut saya sih itu tuh soal UN Cuma di modif jadi bentuk SBMPTN dan masih menggunakan sistem plus minus (benar +4, salah -1). Total soal 60 soal, tiap mapel 15 soal. Tapi komposisi soal tiap tahunnya berbeda loh. Saya baca pengalaman kakak-kakak lainnya sih begitu. Jadi ya kalau bingung ga punya contoh soal UTMI kalian masih bisa belajar pake buku SBMPTN yang SAINTEK. Inget ya, SAINTEK. Jangan SOSHUM hehe :p

2) Next, Test Bahasa Inggris. Sebelum Test Bahasa Inggris tuh sebetulnya sih ada jeda. Tapi karena saya test pada bulan Ramadhan jadi istirahatnya tak terasa deh huhu. Testnya terdiri dari 25 soal, 15 butir Reading dan 10 butir Grammar. Sistem plus minus juga sama kaya sebelumnya, dan waktu lebih singkat dari sebelumnya. Pesen saya sih cepat cepat kalian mengerjakannya yah, jangan kehabisan waktu untuk yang ga berharga hehe..

3) THE LAST BATTLE. UJIAN TALENTA. Saya masih merinding denger kalimat ini sampe sekarang. Semoga kalian yang ikut test ini jangan menyesal kaya saya di test ini. Kenapa?. . . . Saya ga berhasil menyelesaikan seluruh soal Ujian Talenta ini :””” berhubung saya orangnya sering ga fokus sama diri sendiri dan pusing karena seluruh soal di Ujian Talenta ini berjumlah 160 SOAL!. Angka yang fantastis untuk sebuah test. Namun tenang, karena test ini ga mementingkan otak kalian, namun perasaan kalian terhadap diri sendiri (aduh kok baper ya haha). Karena mereka menggunakan sistem “Sangat Setuju”, “Setuju”, “Netral”, “Tidak Setuju”, Dan “Sangat Tidak Setuju”. Di sini ada 2 bagian soal yg dijadwalkan sekali duduk selesai. Hanya diberikan waktu 45 menit. Shock? Gausah shock deh, gausah fokus ngebuletin LJ. Ntar nyesel kalo udah ga kekejar semua D”: (pengalaman sih). Pokoknya di sini bakalan keliatan siapa yang minat pertanian, siapa yang minat kelautan, siapa yang punya leadership yang tinggi, siapa yang punya bakat wiraswasta yang baik. Sekali lagi saya sangat menyesal karena belum selesai seluruhnya untuk UTMI. Sisanya saya serahkan kepada Allah SWT untuk hasilnya.

Ohiya di postingan ini. Berhubung hari ini tanggal 28 Juni 2016. Saya minta doa kepada temen – temen yang membaca ini semoga hasil SBMPTN saya bisa mendapatkan hasil terbaik untuk saya pribadi .

Dan besok pula tanggal 29 Juni 2016. Pengumuman UTMI 2016 ini hehe. Semoga hasilnya tak seburuk yang saya kira. Semoga semuanya lancar, semoga kalian lancar, dan untuk adik – adik kelasku yang tahun 2016/2017 akan mengudara di masyarakat, semoga kalian dapat lancar untuk diterima di PTN yang kalian impikan. Saya pun berharap yang sama kepada para pembaca sekalian hehe. Terimakasih telah membaca artikel panjang ini. Jika kalian ada pertanyaan bisa di kolom komentar. Sekian dari saya Salam Sukses!



Rizwan Wahyudi Web Developer

Blog masih dalam tahap pengembangan. mohon maaf apabila kurang berkenan di blog saya ini.

21 komentar:

  1. Hai kak, setelah berbagai ujian,kakak lolos dimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai juga ^^ setelah berbagai ujian alhamdulillah saya diterima di Pend. Bahasa Jepang UPI

      Hapus
  2. hai kak, saya mau nanya, katanya kalo tes mappingnya itu kan katanya pake pena/spidol? terus itu di buletin atau gimana? berart gapapa dong acak acakan juga gitu (misalnya efek buru buru) jadinya kita fokus ke soal mapping nya aja? mohon jawabannya ka:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai juga ^^ . kalau kata saya gapapa kalau acak acakan juga. soalnya itu kaya lagi nguji reflek kamu, karena kamu ga dikasih waktu yang cukup untuk memikirkan apa yang kamu suka.

      Hapus
  3. kak, soal test maping nya harus keiisi semua kah ? kan pegel buletin 160 soal wkwk dlm 45 menit :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh yaa satu lagi ka, UTMI itu ada uang pangkal ga kalo lolos?
      terus ukt nya bisa disesuain sama ortu ??

      Hapus
    2. kalau kata saya sih diisi semua. karena itu biar reflek kamu aja yang mengerjakannya, jangan difikir-fikir ulang. kalau kebanyakan fikir ulang pasti ga akan kekejar ngerjain 160 soal dalam waktu 45 menit haha.

      saya kurang tau pasti kalau via jalur UTMI itu ada uang pangkal atau ngga (karena saya ga lolos di UTMI hehe). ukt juga sama. mohon maaf ya Adit ^^

      Hapus
  4. Permisi ka, saya mau tanya soal saintek yang kimia sama fisika waktu angkatan kaka yang keluar materi nya ap aja ya? Makasih ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Amel ^^. Mohon maaf ya mel, materi materi yang keluar saya lupa apa aja, karena saya testnya tahun lalu dan di perkuliahan saat ini juga udah ngga terlibat sama materi saintek lagi. Mohon maaf ya.

      Hapus
  5. kak mau tanya kira2 materi ap aj yg keluar ? contoh mtk ada logaritma, pers kuadrat dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf ya Silvy, materi materi yang keluar saya lupa apa aja, karena saya testnya tahun lalu dan di perkuliahan saat ini juga udah ngga terlibat sama materi saintek lagi. Mohon maaf ya.

      Hapus
  6. Saya peserta UTMI tahun ini kak, mohon doanya kak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. semoga mendapatkan hasil terbaik ya ^^

      Hapus
  7. Kak, saya mau nanya dong, untuk soal matematika lebih ke matematika wajib/un/dasar atau matematika ipa ka? Mohon doanya untuk tanggal 17 besok kak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah maaf ya saya baru sempat cek blog lagi. Mudah mudahan kamu dapet hasil terbaik ya ^^gimana tentang UTMI nya kemarin? Apakah sama kaya yang saya ceritakan atau gimana?

      Hapus
    2. Alhamdulillah sama ka, tapi tes bhs inggrisnya gapake (+)(-) dan alhamdulillah....saya baca blog kaka dulu hehe...kalo belom....mungkin pas uji talenta saya gakelar ka :v

      Hapus
    3. Alhamdulillah. Semoga lancar ya

      Hapus
  8. Kak doain lulus UTM IPB ya kak (:

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum, Kak saya mau izin bertanya, klw sistem (+) (-) Bhs.Inggris itu gimanaya maksudnya? klw yg tdk di isi bernilai 0 (nol) atau (-) Kak? :) Terimakasih, Wassalam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh sudah 2 tahun berlalu ya, saya sudah kurang paham perihal ini. mohon maaf :)

      Hapus