Selasa, 28 Juni 2016

PERJALANAN PEJUANG PTN 2016


     Saya Rizwan Wahyudi alumni SMAN 1 Cikarang Pusat tahun 2016. Saya mau share tentang perjuangan saya merebut kursi yang ada di perguruan tinggi negeri. 

     Semua bermula sejak impian saya yang ingin menjadi mahasiswa UI karena melihat para alumni yang datang ber almamater kuning tersebut sedang kunjungan untuk memotivasi para kelas XII.









*penampakan Fakultas 
impian (FIB UI)









       Yah, langsung skip ke kelas XII deh biar ga panjang lebar hehe.

     January 2016, penampakan Web SNMPTN yang mulai berubah menjadi SNMPTN 2016. Itu menegangkan menurut saya, karena akan berhadapan dengan seleksi pertama itu haha (sebetulnya sebelum itu ada jalur undangan untuk D3 IPB. Namun saya tidak ikut karena tidak diperbolehkan orang tua.) jadi saya langsung cari info sebanyak mungkin untuk mempersiapkan diri di SNMPTN ini. Ketika kelas XI itu saya masih ngotot ingin mengambil Sastra Jepang UI untuk SNMPTN. Namun mengurungkan niat karena nilai yang pas – pasan untuk seleksi di UI. Sayapun sadar akan kemampuan diri dan jadi fix untuk mengambil di Sastra Jepang UNPAD. Oke web SNMPTN bisa di akses, namun terdapat peraturan baru untuk tahun ini. Hanya 75% dari seluruh siswa per jurusan di sekolah yang bisa mendaftarkan dirinya di SNMPTN tahun ini. Kawan – kawan ku pun banyak yang berguguran sebelum mereka bertempur. Alhamdulillah saya pun lolos 75% sekolah dan bisa mengisi data diri di web itu. Mengisi data diri pun selesai. lalu saya kembali belajar dengan tenang dan menunggu kabar selanjutnya dari Bimbingan Konseling.

     Beberapa hari berikutnya, pengumuman jalur SPAN – PTKIN pun dipasang. Awalnya memang saya bingung dengan jalur itu. Setau saya hanya SNMPTN, SBMPTN, Jalur mandiri. Tetapi masih ada jalur – jalur lain yang ada.

Saya sebutkan yang saya ketahui tentang jalur penerimaan perguruan tinggi negeri.
-           - SNMPTN
-           - SBMPTN
-           - JALUR MANDIRI
-           - JALUR UNDANGAN (VOKASI)
-           - SPAN PTKIN
-           - UM PTKIN
-           - PMDK PN (Politeknik Negeri)
-           - UM PN

     Kira – kira segitulah yang saya ketahui. Akhirnya saya mencoba untuk ikut SPAN PTKIN. Sebenarnya itu jalur untuk para siswa MA ( Madrasah Aliyah) namun siswa SMA masih bisa mendaftarkan diri di jalur tersebut. Tinggal konfirmasi ke bapak / ibu BK nanti mereka yang mengurus pendaftarannya. Kita hanya tinggal mengisi data diri saja. Untuk jurusan dari jalur SPAN PTKIN pun terbatas, hanya jurusan yang ada sangkut pautnya dengan agama islam (bukan diskriminasi ya).
Akhirnya saya hanya mengikuti 2 jalur tersebut. Minder dengan nilai sih, tapi saya PD karena sertifikat yang saya input di situ.

     Pengumuman UN selesai, tibalah pengumuman SNMPTN. Ternyata … *jeng jeng* Saya terdaftar di anggota #RedTeam di SNMPTN. Drop, banget malah. Impian saya sejak kelas X sirna. Mau ga mau tempur lagi melawan orang – orang  2 angkatan sebelumnya di SBMPTN. Ga lama saya galau karena hal itu langsung sigap atur strategi untuk masa depan lebih gemilang. Pengumuman SPAN PTKIN pun sama. Tidak memiliki hasil yang baik. Mungkin karena hasil UN ku yang buruk. Entahlah hanya panitia dan Tuhan yang tahu. Saya bersiap H-2 Bulan SBMPTN… Si anak lintas jurusan ini bingung mau transit jurusan di mana :”D akhirnya belajarr dari awaaaaaal IPS lagi. Hiks. Impian itu  selalu dikejar. Kalo ngga, ntar impian itu ngambek malah pergi beneran (kok baper ya) wk.

     Babat habis pelajaran IPS. Saya ga bimbel pula. Akhirnya tiba di hari H. ga banyak cerita, otak ku keformat di bekasi ._.v wkwk

     Lewatlah sudah SBMPTN. Bingung mau ngapain lagi karena keseharian belajar belajar belajar belajar belajar dan belajar. Cari Ujian mandiri! Saya ga ikut SIMAK UI, tiba – tiba mundur dari impian awal. Entahlah jadi merasa drop seleksi di UI. Ga menyurutkan semangat saya, akhirnya saya pilih UTMI (Ujian Talenta Mandiri IPB). Terdengar aneh di telinga, ternyata benar. Mereka menyeleksi anak yang berminat, memiliki leadership yang baik, dan wirausaha yang baik. Waduh, seleksi paling aneh menurut saya. Tapi gapapa lah karena merasa seru haha. Tentang UTMI bisa dibaca di postingan lainnya ya~.

     Tibalah waktu untuk penuh berdoa setiap harinya. Hari demi hari, tak henti nya doa ku panjatkan.

     Cerita ini masih berlanjut karena hari ini merupakan pengumuman hasil SBMPTN dan besok merupakan pengumuman hasil UTMI. Semoga hasil terbaik mendatangi kita semua nya

[UPDATE KE PENGUMUMAN SBMPTN 2016]

     Hari yang kutunggu pun tiba, dan detik detik sebelum pengumuman pun terasa sangat berarti. tak henti kupanjatkan doa dan tetap berusaha sebelum pengumuman dibuka. kebetulan ada 12 web mirror yang tersedia untuk pengumuman kali ini. dan ku siapkan saja untuk membuka web UNTAR. 

     Dag dig dug saya rasakan sekujur tubuh ini. karena hal ini menurut saya merupakan hal terbesar untuk melanjutkan jenjang studi saya selanjutnya.

     Langsung saja ke pengumuman kali ini, saya ketik nomor peserta dan tanggal lahir. saya tunggu beberapa saat dan hasilnya!




     sujud syukur kepada tuhan seketika saya panjatkan, wajah orang tua berlinang air mata melihat hasil seorang anaknya mendapat sebuah perguruan tinggi negeri impiannya dan impian orang tuanya. well, hasil usaha saya tak mencapai target saya sebelumnya. tapi ini merupakan hasil kerja keras saya sendiri dan bantuan support dari orang orang dekat juga. mungkin di sinilah jalan ku mengabdi di dunia pendidikan ini. 

     Akhir dari postingan ini, terimakasih kepada semua yang telah mendoakan. untuk teman-teman saat ini yang sedang berjuang menghadapi Ujian Mandiri, semoga kalian diberi kelancaran untuk melewati seleksi seleksi tersebut. Untuk adik-adik ku yang akan mengikuti seleksi ini tahun depan ataupun kapanpun, jangan pernah berhenti berusaha, hasil yang kalian petik pasti sebanding dengan usaha yang kalian tanam selama ini. silahkan berputus asa apabila gagal, tapi jangan terlalu larut oleh keputus asaan. selagi masih ada nafas, disitulah kalian masih memiliki waktu untuk berprestasi (tumben lagi bijak hehe, kapan lagi :p )

     buat adik adik yang mau tanya tanya langsung, bisa kontak saya atau bertanya langsung ke komentar yaa.

Sekian, Wassalam :)
Rizwan Wahyudi Web Developer

Blog masih dalam tahap pengembangan. mohon maaf apabila kurang berkenan di blog saya ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar